Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Unggulan Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an di SDIT El-Wafa Kedungwaringin Kabupaten Bekasi

strategy, tahfidz teacher, memorizing al-qur'an

Authors

  • Titi Hendrawati

Keywords:

strategy, tahfidz teacher, memorizing al-qur'an

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru tahfidz dan kendala yang dihadapi dalam membantu siswa menghafal Al-Quran di SD Islam Terpadu El-wafa Kedungwaringin Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Guru Tahfidz dan siswa SDIT El-wafa menjadi subjek penelitian ini. Berdasarkan hasil survei, upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa adalah sebagai berikut: 1) memotivasi siswa, memuji siswa bila berhasil menghafal Al-Qur'an dengan baik, 2) memberikan pekerjaan rumah dan hukuman. kepada siswa. Upaya ini dilakukan dengan guru yang memperhatikan tujuan sekolah, menghukum siswa jika tidak menyelesaikan pekerjaan rumahnya, dan membimbing siswa untuk menjaga muraja'ah. Tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa adalah sebagai berikut: 1) adanya siswa yang belum mampu membaca Al-Quran dengan baik, 2) keseharian guru yang dapat menghambat konsentrasi dalam mengajar, 3) kemalasan siswa ketika penghafal Al-Quran, dan 4) siswa dengan kecerdasan yang berbeda-beda.

Kata kunci: strategi, guru tahfidz, menghafal al-qur’an

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Hendrawati, T. (2024). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Unggulan Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SDIT El-Wafa Kedungwaringin Kabupaten Bekasi: strategy, tahfidz teacher, memorizing al-qur’an. Marifah, 2(1), 23–34. Retrieved from https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/marifah/article/view/99