PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITALISASI
https://doi.org/10.64173/mrf.v2i1.97
Abstract
Abstrak : Model pembelajaran inovatif di era digital dibahas dalam artikel ini. Era ini menuntut guru untuk kreatif, termasuk menggunakan berbagai teknik inventif, agar tidak tergantikan oleh teknologi yang berkembang pesat. Guru mempunyai pengaruh besar terhadap bagaimana pendidikan terjadi baik di dalam maupun di luar ruang kelas. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran tergantung pada bagaimana guru memilih untuk menyampaikan materi kepada siswa. Dalam pendidikan agama Islam, guru biasanya menghadapi banyak kesulitan dalam menciptakan belajar Innovatif dan menyenangkan belajar seperti halnya materi pendidikan agama Islam biasanya disampaikan dengan menggunakan metode ceramah. Namun seiring berjalannya wa Dalam pendidikan agama Islam ktu, guru diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang berbeda dengan tetap menggunakan metode ceramah. Al- Qur'an dan Hadits dengan bantuan teknologi atau media belajar yang kreatif dan inovatif sehingga dapan memudahkan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci : Guru, inovatif dan hasil belajar
Abstract : Innovative learning models in the digital era are discussed in this article. This era calls for teachers to be creative, including using a variety of inventive techniques, in order to avoid being replaced by rapidly developing technology. Teachers have a big influence on how learning happens inside and outside the classroom. A lesson's success or failure depends on how the teacher chooses to deliver material to students. In learning Islamic religious education, teachers usually face many difficulties in creating innovative and fun learning because Islamic religious education subjects usually are delivered using the lecture method. However, as time progresses, Islamic religious education teachers are expected to be able to create different learning while still using the lecture method. Al-Qur'an dan Hadits with the help of technology or creative and innovative learning media so that it can make it easier for students to achieve maximum learning results.
Keywords: Teachers, innovativeness and learning outcomes