INOVASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN DEEP LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CIKARANG TIMUR

Authors

  • Nanang Hermawan Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim
  • Wahyudin NS Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim Cikarang
  • Muhammad Syahri Aziz Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim Cikarang

Keywords:

Deep learning, pembelajaran agama Islam, inovasi pendidikan, minat belajar, teknologi pendidikan

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi inovasi dalam pembelajaran Agama Islam menggunakan teknologi deep learning untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa di SMAN 1 Cikarang Timur. Fokus penelitian adalah penerapan algoritma deep learning dalam aplikasi pembelajaran interaktif yang mempersonalisasi pengalaman belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan analisis data dari observasi, wawancara, serta survei siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan deep learning dalam pembelajaran Agama Islam mampu meningkatkan pemahaman siswa hingga 45% dan minat belajar sebesar 60%. Artikel ini menyoroti pentingnya integrasi teknologi dalam kurikulum untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan generasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Hermawan, N., Wahyudin NS, & Muhammad Syahri Aziz. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN DEEP LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CIKARANG TIMUR. Khazanah, 5(1), 32–48. Retrieved from https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/khazanah/article/view/195