A IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DAROJATUL ASHFAD)

Authors

  • Titi Hendrawati STAI HAJI AGUS SALIM

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada saat seseorang ingin menghafal Al-Qur’an pada Pondok Pesantren Darojatul Ashfad yaitu pertama adanya santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Kedua bermacam-macam kemampuan santri, ada yang cerdas tapi bermalas-malasan, ada yang rajin tetapi kemampuannya terbatas. Ketiga kelemahan dalam mentalnya atau tidak memiliki keberanian. Agar santri dapat menghafal Al-Qur’an secara baik dan benar maka solusi yang dapat diberikan untuk santri yaitu menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode tikrar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi dan hasil Metode Tikrar serta faktor yang pendukung dan penghambat Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Hafalan Santri Putri di Pondok Pesantren Darojatul Ashfad. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan cara wawancara dengan metode deskriptif kualitatif dan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini tentang Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Hafalan Al-qur’an Santri di Pondok Pesantren Darojatul Ashfad. Hasil pada penelitian ini yakni santri mampu menghafal 10-15 ayat dalam sehari, namun sedikit demi sedikit kendala santri dalam menghafal Al-Qur’an memiliki perubahan, yaitu sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an serta bacaannya pun semakin bagus dan mudah dalam menghafalnya karena terbiasa mengulang hafalannya setiap hari. Maka dapat disimpulkan bawah metode tikrar atau mengulang hafalan yang diterapkan mampu menigkatkan hafalan santri Putri Pondok Pesantren Darojatul Ashfad.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Titi Hendrawati. (2024). A IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DAROJATUL ASHFAD). Khazanah, 2(1). Retrieved from https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/khazanah/article/view/13