PENERAPAN METODE FUN LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS X SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH SIROJUL UMMAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini melibatkan 33 siswa yaitu kelas eksperimen X MA Sirojul Ummah pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pengujian digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian. Analisis dilakukan terhadap data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan analisis kuantitatif. Temuan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas X MA Sirojul Ummah mengalami peningkatan. Hasil penelitian siklus 1 rerata nilai siswa diperoleh yaitu 54,55 dan siklus 2 rerata nilai siswa diperoleh yaitu 77,73. Analisis kualitatif didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siswa yang tidak terganggu oleh pengaruh luar, siswa mempunyai ingatan yang baik terhadap materi pelajaran, siswa tidak mudah jenuh, menunjukkan fokus dan konsentrasi selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Metode fun learning, hasil belajar, akidah akhlak