PENERAPAN METODE STUDENT CENTER LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI AKHLAK TERPUJI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS XII SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH DARUL ARQAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini disebabkan karena penurunan hasil belajar siswa kelas XII mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqom. Proses belajar mengajar yang terpusat pada guru tidak jarang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan bosan. Keaktifan belajar yang rendah mengakibatkan pada penurunan hasil belajar. Pembelajaran berpusat pada siswa (SCL), juga dikenal sebagai pembelajaran berpusat pada siswa, adalah metode pendidikan yang mengutamakan siswa sebagai subjek. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan pendekatan SCL. Hasil belajar diperoleh dengan tes tertulis dan dianalisis secara kuantitatif. Persentase siswa dengan persentase ketuntasan lebih dari 70% pada tes hasil belajar menunjukkan keberhasilan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar dalam Siklus I terdapat siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (54,54%) dan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa (45,45%) dari total 22 siswa. Sedangkan pada Siklus II, jumlah siswa yang sudah tuntas sebanyak 19 siswa (86,36%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (13,63%). Kesimpulannya didapatkan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dalam materi inti akhlak terpuji pada kelas XII MA Darul Arqam Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat meningkat melalui penerapan metode pembelajaran Student Center Learning.
Kata Kunci: Metode Student Center Learning, Hasil Belajar, Akhlak Terpuji