HUBUNGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS XII DI MAN 1 BEKASI

https://doi.org/10.64173/mrf.v2i2.129

Authors

  • Firdiansyah Firdiansyah STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi
  • Juliyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar kelas XII di MAN 1 Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus Uji Lilifours Normalitas dan Analisis Korelasi Product Moment. Sampel penelitian ini berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Uji korelasi product moment memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar  0,97 atau 97% dengan nilai probalitas (sig) table 0,05 (0,2573). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara dua variable didalam penelitian. Dimana terdapat dorongan yang tinggi dalam belajar dan peserta didik mau menyediakan cukup waktu untuk belajar sehingga peserta didik mampu meningkatkan motivasi belajar dalam penerapan kurikulum merdeka maka tingkat motivasi peserta didik dalam belajar akan semakin meningkat dengan baik dan memberi kemudahan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar.

Published

2025-07-30

How to Cite

Firdiansyah, F., & Kartika Sari, J. (2025). HUBUNGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS XII DI MAN 1 BEKASI. Marifah: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Peradaban Islam, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.64173/mrf.v2i2.129