PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DAN KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS YAPINUH MUARAGEMBONG KABUPATEN BEKASI
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DAN KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS YAPINUH MUARAGEMBONG KABUPATEN BEKASI
https://doi.org/10.64173/mrf.v2i2.117
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media informasi dan komputer dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa di SMKS Yapinuh Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas X dan XI TKJ, dengan total responden sebanyak 55 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi product moment untuk mengukur hubungan antara penggunaan media informasi dan komputer (variabel X) dengan prestasi belajar siswa (variabel Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media informasi dan komputer terhadap prestasi belajar siswa tidak signifikan. Rerata nilai variabel X adalah 73.418 dan variabel Y adalah 82.545, dengan nilai korelasi sebesar r=0.345 untuk variabel X dan r=0.224 untuk variabel Y, yang menunjukkan tidak adanya korelasi yang signifikan. Faktor internal seperti motivasi, kecerdasan, minat, bakat, dan kesiapan siswa, serta faktor eksternal seperti kualitas kurikulum, metode pengajaran, lingkungan belajar, dan dukungan keluarga, lebih dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar dibandingkan dengan penggunaan media informasi dan komputer.
Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kesiapan dan kompetensi guru dalam penggunaan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta akses dan infrastruktur yang memadai untuk memaksimalkan efektivitas media ini dalam pembelajaran. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun media informasi dan komputer memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dampaknya terhadap prestasi belajar siswa akan lebih optimal jika didukung oleh faktor-faktor lain seperti kompetensi guru, akses teknologi, dan metode pengajaran yang efektif.
Kata Kunci: media informasi dan komputer, Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar.