Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah

Authors

  • SUHERMAN SUHERMAN STAI HAS CIKARANG

Keywords:

Guru Akidah Akhlak, Karakter Siswa dan Kurikulum Merdeka di Madrasah

Abstract

Kurikulum pembelajaran mengetik mandiri dikaitkan dengan kurikulum satuan pendidikan sekolah agama, sehingga kita dapat merujuk pada Referensi Keputusan Menteri Agama No. 184 Tahun 2019 tentang Juknis/Pedoman Penerapan Kurikulum Madrasah yang bertujuan untuk membakukan pelaksanaan kurikulum madrasah dan memberikan pedoman bagi madrasah dalam implementasi kurikulum madrasah, memberikan peluang untuk melakukan inovasi.

Pelaksanaan Penelitian bertujuan untuk mempelajari penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep Kurikulum merdeka merupakan penilaian kognitif dan penilaian nonkognitif yaitu kurikulum mandiri lebih bersifat penilaian non-kognitif. 2) Adanya perbaikan struktur kurikulum, pengembangan kurikulum dan juga evaluasi kurikulum 3) Terakhir,Perbedaannya terletak pada titik temunya, yaitu rencana jalannya studi, yang bisa juga disebut dengan RPP yang merupakan rencana akhir jalannya pembelajaran, pada Kurikulum 2020 hanya satu lembar. 4). Ada sebuah pemulihan komponen tujuan pada kurikulum Akidah Akhlak 2020 yang perluadanya perbaikan

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

SUHERMAN, S. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah: Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Madrasah. Marifah, 2(1), 11–22. Retrieved from http://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/marifah/article/view/98