PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH ISLAM
https://doi.org/10.64173/mrf.v1i2.43
Keywords:
prestasi belajar sejarah islam, motivasi belajar, kebiasaan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar sejarah islam, baik secara bersama-sama maupun secara individu. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan jumlah sampel 50 orang, yang diambil dengan teknik stage random sampling dari SMA Swasta Terakreditasi A di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi dan tes yang juga telah divalidasi sebelumnya. Analisis data menggunakan teknik regresi ganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis data yang dilakukan memberikan hasil: 1) Motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sejarah islam, hal ini diperlihatkan dari koefisien korelasi antara motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sejarah islam sebesar 0,764 dan koefisien determinasi sebesar 58,4%. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = -8,802 + 0,094X1 - 0,185X2; dengan signifikansi regresi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik motivasi dan kebiasaan belajar siswa secara bersama-sama maka semakin tinggi prestasi belajar sejarahnya. 2) Motivasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sejarah islam, hal ini diperlihatkan dari nilai sig 0,003 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik motivasi belajar maka semakin baik pula prestasi belajar sejarah islamnya. 3) Kebiasaan belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sejarah islam, hal ini diperlihatkan dari dari nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik kebiasaan belajar maka semakin baik prestasi belajar sejarah islamnya.