Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Ishlah
https://doi.org/10.64173/mrf.v1i1.150
Keywords:
Mind Mapping, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Ishlah. Model mind mapping dipilih karena memiliki potensi untuk membantu peserta didik dalam memahami materi secara lebih sistematis dan terstruktur, serta meningkatkan daya ingat dan kreativitas dalam menghubungkan konsep-konsep yang ada dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara untuk melihat peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai tes hasil belajar serta meningkatnya partisipasi dan motivasi peserta didik selama proses pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Ishlah.