URGENSI PENDIDIKAN FIQIH UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK THAHARAH BERWUDHU PESERTA DIDIK DI SDIT ATSSURAYYA CIKARANG UTARA BEKASI

Authors

  • Daan Dini

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini mengkaji betapa pentingnya pendidikan fiqih khusunya fiqih thaharah berwudhu yang harus diajarkan sejak sekolah dasar seperti siswa SDIT Atssurayya . Terbatas nya waktu belajar Pendidikan Agama Islam salah satunya yaitu pelajaran fiqih di sekolah menjadi suatu permasalahan yang sangat umum karena sebagian siswa masih belum mampu melakukan praktik berwudhu dengan baik dan benar. Dengan adanya pembelajaran fiqih thaharah di sekolah dasar, maka sangat berpengaruh terhadap praktik berwudhu siswa kelas 3 SDIT Atssurayya Cikarang Utara. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fiqih thaharah berwudhu di sekolah dasar,  dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengaruh pendidikan fiqih thaharah berwudhu terhadap prestasi siswa kelas 3 SDIT Atssurayya Cikarang Utara.

Kerangka berpikir penulis dalam penelitian ini memiliki pemahaman tentang urgensi pendidikan fiqih thaharah berwudhu. Prestasi siswa yang akan menjadi bukti yang konkrit atau tolak ukur terkait pendidikan fiqih thaharah berwudhu. Dengan bimgingan guru mata plajaran fiqih, peraktik berwudhu siswa lebih optimal serta terlaksana dengan tertib dan benar. Penelitian ini meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, sehingga penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya penulisan ini menganalisis dan menggambarkan penelitian secara objektif dan detail untuk mendapatkan hasil yang akurat. Agar penelitian ini lebih sistematis dan terarah, maka penelitian ini dirancang melalui beberapa tahap, yaitu tahap identifikasi masalah, menyusun tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan.

Kata Kunci: Pendidikan, Thaharah Berwudhu

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Dini, D. (2024). URGENSI PENDIDIKAN FIQIH UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK THAHARAH BERWUDHU PESERTA DIDIK DI SDIT ATSSURAYYA CIKARANG UTARA BEKASI. Marifah, 2(1), 46–53. Retrieved from http://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/marifah/article/view/105